Google

20 Januari 2009

Level pertanyaan untuk mendorong penalaran siswa


Untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa, seyogyanya guru tidak hanya memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa yang bersifat mengingat kembali tentang sesuatu atau prosedur matematika (pertanyaan yang levelnya rendah). Melainkan juga seharusnya melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang mendorong siswa untuk berpikir, bernalar dan menjelaskan pengetahuannya (pertanyaan yang levelnya tinggi).

Misal pertanyaan yang levelnya rendah seperti berikut:


“apakah nama dari bangun ruang ini (sambil menunjukkan benda atau gambar bangun ruang)?”.


Pertanyaan di atas hanya menguji kemampuan ingatan siswa. Coba anda bandingkan dengan pertanyaan ini:


”Bagaimanakah kamu menjelaskan bentuk bangun ruang ini kepada temanmu melalui sebuah telpon sehingga temanmu dapat menggambarkannya kembali dengan benar?”.


Pertanyaan di atas akan mendorong siswa untuk menjelaskan pengetahuannya sehingga tidak hanya sekedar menyebutkan nama tetapi juga meningkatkan penalaran ruangnya.

Perhatikan juga pertanyaan berlevel rendah berikut ini:


”Berapakah hasil dari 8 x 3?”


Coba anda bandingkan dengan pertanyaan ini:


”Sebutkan dua bilangan yang jika dikalikan maka hasilnya sama dengan 24?”


Pertanyaan di atas tidak hanya sekedar menguji pengetahuan tentang hasil dari 8 x 3 tetapi akan mendorong siswa berpikir tentang dua bilangan lainnya sehingga penalarannya makin kaya. Atau pertanyaan yang lebih tinggi:


”Seandainya kamu mengetahui perkalian dari 1 x 3 hingga 5 x 3. Kemudian kamu lupa berapa hasil perkalian dari 8 x 3. Bagaimanakah caramu untuk menemukan hasilnya?”


Bagaimana menurut anda pertanyaan di atas?..............................

Bagi guru yang ingin membangun penalaran matematika siswa maka cobalah untuk memberi pertanyaan-pertanyaan yang tidak hanya berlevel rendah tetapi juga berlevel tinggi. Pertanyaan yang berlevel rendah untuk sekedar menguji ingatan siswa sedangkan pertanyaan yang berlevel tinggi untuk mengetahui lebih dalam tentang pengetahuan dan penalarannya.

Apakah anda setuju dengan pernyataan saya?

Mungkin anda memiliki pertanyaan-pertanyaan lain yang levelnya tinggi? Silahkan tuliskan pada komentar anda. Pertanyaan-pertanyaan itu akan memperkaya tulisan ini. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih......

3 komentar:

  1. saya sangat setuju,........
    itu sangat benar.
    pertanyaan 'mudah'itu untuk seberapa ingat orang tersebut mengingat pelajaran yang lalu atau yang baru saja dipelajari,........
    dan yang 'sulit' untuk mengembang daya pengetahuan tentang berhitung dan mengetahui pelajaran tersebut lebih jauh,...........

    saya ingin sekali mempelajari matematika dari awal kembali karna saya sudah tidak sekolah,
    saya baru lulus smp.
    gmna yua cara'a byar saya mengingat pelajaran yang lalu tapi saya tidak sekolah,....?????

    maav jika ada kata atau kalimat yang kurang atau salah,..........

    septian anjasmoro
    tangerang
    pencinta MATEMATIKA

    BalasHapus
  2. klw buat kimia ada gag?
    mau jg nih belajar...

    BalasHapus

TERIMA KASIH ATAS KOMENTAR YANG TELAH ANDA BERIKAN.
Dan lebih berterima kasih lagi jika anda mau mengunjungi iklan yang ada di blog ini, guna kelangsungan hidup penulis