(Algoritma yang tetap dapat terlupakan)
Baru-baru saja aku menonton tayangan televisi di sebuah stasiun televisi swasta. Tayangan itu cukup menarik karena membahas trik cepat mengerjakan soal-soal ujian matematika tentang materi perbandingan. Namun saat pembahasan dengan trik cepat aku malah tertawa keras. Saking kerasnya membuat salah seorang teman kos ku terkejut dan sehingga dia tertarik ikut menonton. Dan tahukah kamu apa yang terjadi? Dia juga ikut tertawa. Hua...ha...ha...ha.... Mau tau ceritanya?
Begini ceritanya. Pada jaman dahulu kala ........... (alah.....jadi ngawur. Sorry)
Ada soal seperti ini (kira-kira aja ya kata-katanya, lupa. Tapi konsepnya tetap diusahakan sama)
2 orang pekerja mampu menyelesaikan suatu proyek selama 12 hari. Jika pekerjanya ditambah 6 orang, berapa lama proyek itu selesai?
Penyelesaiannya dengan cara biasa seperti ini.
Diketahui :
n1 = 2 orang
t1 = 12 hari
n2 = 2 + 6 = 8 orang
Tanya : n2 (waktu yang diperlukan setelah ditambah pekerjanya)?
Jawab. Karena semakin banyak pekerja maka waktu yang dihabiskan makin sedikit maka hal ini merupakan perbandingan terbalik. (ciri-cirinya perbandingan terbalik adalah jika variabel x semakin naik tetapi variabel y semakin turun).
Jadi, perlu waktu sebanyak 3 hari.
Nah, setelah itu muncul ungkapan:
Bukan SAYA (maaf nama tayangan dirahasiakan) kalau tidak ada trik cepatnya. Begini caranya:
Karena ini perbandingan terbalik, maka
Hebat bukan? Cuma satu baris (dengan bangganya dia tertawa).
Melihat trik cepat ini, kontan saja saya tertawa. Ini kan cara yang sama seperti cara sebelumnya, hanya beberapa langkah dihilangkan. Coba perhatikan langkah kedua pada cara sebelumnya. Kalau 8 kita pindahkan pakai kali silang*, maka 8 kan berada di bawah. Jadinya sama dengan cara di atas. Cara pertama terlihat panjang karena urutan pekerjaan diperlihatkan. Kemudian teknik pindah silang baru dijalankan pada langkah ke empat.
Hua...ha...ha.... lucu kan (mudah-mudahan anda juga merasa lucu).
Kalau anda merasa lucu, maka seharusnya anda tertawa juga pada hampir semua trik cepat yang ada sekarang ini. Hampir semuanya memiliki karakteristik seperti di atas. Trik cepat biasanya merupakan cara yang panjang tetapi beberapa baris dihilangkan. Lalu cara cepat itu ditulis dengan rumus tersendiri yang sepertinya terpisah dari rumus sebenarnya (coba aja kita mau tekun, maka kita dapat menemukan semua cara atau trik cepat melalui penurunan rumus sebenarnya).
Terlepas dari itu semua, jika kita perhatikan dengan seksama baik menggunakan rumus sebenarnya maupun trik cepat, maka keduanya merupakan suatu algoritma. Dikatakan algoritma karena adanya urutan langkah-langkah tertentu dalam mengerjakan. Nah, kalau lupa pada langkahnya, matilah kita. Pasti kita tidak mampu mengerjakannya. Apalagi untuk trik cepat karena lain soal lain pula trik cepatnya. Artinya, jauh lebih banyak menghapal trik cepat dibandingkan hanya menghapal rumusnya. Sekali lagi, kalau lupa cara cepatnya atau karakteristik soalnya, Matilah kita. (weleh...weleh.... matinya dua kali. Mungkin karena ini ya plesetan kata matematika adalah mati-matian)
Kalau seandainya pembelajaran matematika tidak menitikberatkan pada rumus dan urutan-urutan langkah penggunaan melainkan pada berpikir dan bernalar kreatif siswa, maka hal ini tidak perlu terjadi. Siswa tidak perlu banyak menghapal karena mampu berpikir dan bernalar sendiri untuk menyelesaikan soal. Artinya siswa dibebaskan untuk menentukan penyelesaian berdasarkan pemikiran dan penalarannya sendiri. Coba perhatikan contoh soal di atas, kita akan menyelesaikannya dengan logika.
”Kalau 2 orang selesainya 12 hari, maka kalau pekerja menjadi 4 orang selesainya menjadi 6 hari. Ya kan.... nah kalau 4 orang selesainya 6 hari maka tentunya kalau pekerjanya menjadi 8 orang, berarti selesainya menjadi 3 hari”. Selesai bukan. Pakai nalar aja bisa kok.
Coba juga persoalan berikut.
Andi memandang dari jendela sebuah taman dekat rumahnya. Dia melihat bahwa masing-masing orang di taman membawa seekor anjing piaraannya. Setelah itu dia menghitung banyaknya semua kaki di taman itu dan ternyata ada 54 buah. Berapa banyaknya anjing peliharaan yang ada di taman?
Hayo, bagaimana mengerjakannya. Pasti di antara anda sudah keluar tuh lambang-lambang x dan y. Ya kan? Lalu karena manusia punya dua kaki dan anjing punya empat kaki pasti ada yang memikirkan 2x + 4y = 54. benar kan? Nah, sekarang bagaimana persamaan lainnya????.............
Kalau anda memikirkan cara di atas, maka kalau boleh saya katakan di kepala anda sudah tertanam algoritma yang kuat. Jika anda menemukan persamaan satunya maka anda dapat menyelesaikannya dengan teknik substitusi atau teknik lainnya. Tapi kalau tidak, apa yang terjadi?
Sebenarnya kalau kita mau berpikir dan bernalar kreatif, maka kita dapat menggunakan logika saja. Misalnya seperti ini......
Manusia punya 2 kaki
Seekor anjing punya 4 kaki
Satu pasang (manusia dan anjing peliharaan) totalnya 6 kaki. Karena terdapat 54 kaki berarti ada 9 pasang.
Jadi ada 9 ekor anjing peliharaan.
Selesai. tanpa ada rumus-rumus yang bikin ribet.
Jika kita mau menggunakan logika yang diwujudkandalam berpikir dan bernalar maka hampir semua permasalahan dapat kita selesaikan. Terutama permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Bukan kah untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi kita menyelesaikannya dengan logika dan berpikir, bukannya dengan rumus-rumus yang njelimet?
Bebaskan para siswa berpikir dan bernalar. Biarkan kedua komponen itu berkembang dengan baik dalam diri siswa. Karena keduanya diperlukan oleh siswa untuk menghadapi kehidupan.
*) teknik perhitungan memindahkan bilangan dalam perhitungan baik dari ruas kiri ke kanan atau sebaliknya adalah teknik yang tidak sesuai konsep matematika. Seperti perkalian silang sehingga bagi jadi kali. Atau pada penjumlahan, seperti yang tadinya positif jadi negatif.
gitu aja sombong..
BalasHapusHe...he... terima kasih atas komentarnya...
BalasHapusWeleh... dikira sombong ya...
Bisa juga sih dikira begitu... abis, aku cinta banget ama matematika. Aku ga mau kalau matematika itu dibenci orang hanya karena matematika diajarkan seperti mesin yang harus berurutan. Matematika itu dihasilkan dari akal dan nalar manusia, berarti akal dan nalarlah yang berkuasa.Jadi, seharusnya akal dan nalar yang dikedepankan terlebih dulu ketimbang algoritma yang terlihat kaku.
aku agak benci ke matematika, abis rummiiitt... kayak benang mbulet.. aku suka bhs inggris,jawa,indonesia n bahasa lainnya
HapusTHANK YA
Hapusbener bgt tuh,,,
Hapustapi terkadang kita lupa untuk pergunakan nalar krn doktrin terhadap diri kita sendri bhw soal itu susah.
Tim cinta math<3
HapusDUH BEnEr JuGa YaCh????
BalasHapusTHANK YACH????
hal yang sama terjadi di fisika.
BalasHapusbanyak rumus cepat. rumus cepat sangat berorientasi pada kecenderungan soal yang sering keluar.
rumus cepat mengasumsikan suatu variabel dianggap "pasti bernilai segitu" sehingga variabel tersebut jadi konstanta. inilah ciri-ciri mengapa rumus cepat bisa lebih cepat dan jawabannya memang benar.
saya memperhatikan soal-soal yang keluar dalam ujian (umptn jaman saya dulu) itu tipenya itu-itu juga. sehingga dengan rumus cepat bisa diselesaikan.
tapi hal ini membunuh kreatifitas siswa. siswa jadi tak tahu bagaimana asal-muasal rumus tersebut didapat.
jika soal ini di modifikasi dijamin siswa kebingungan.
saya rasa rumus cepat (baik matematika atau fisika) akan muncul dengan sendirinya dikepala kita jika kita sring latihan. ini sih pengalaman pribadi.
oke..mantap..trik aneh....
BalasHapussirik nih orang
Hapusloe aja juga belum tentu bisa.....
jangan jangan aja loe pas waktu matematika nyontoh??
dia sombong karna dia bisa , nah kaloo loe udah ga bisa banyak omong lagi..
hhhhhhhuuuuuuuu
gila nya ni uan
Hapusntol
mau tanya..utk note paling bawah...(yg pake tanda *)
BalasHapustrus mestinya gmn kalau menjelaskan ke siswa dalam menyelesaikan sebuah persamaan?
Untuk lala.
BalasHapusMisalkan kita memiliki persamaan x + 5 = 2x + 8.
untuk menemukan nilai x, terkadang kita menggunakan istilah pindah ruas. Istilah itu kurang tepat. Alasannya "masa sih angka bisa jalan-jalan, dan kemudian pindah rumah? kan aneh". he..he.. canda.
Langkah yang sesuai kaidah matematika menurut saya:
1) jumlahkan kedua ruas dengan -8.
x + 5 + (-8) = 2x + 8 + (-8)
x + (-3) = 2x
2) Jumlahkan kedua ruas dengan (-x)
(-x)+ x + 5 = (-x) + 2x
5 = x
Kita temukan x = 5.
itu mah malah makin bikin siswa ribet bro, lebih cocok la pindah rumah, atau pidah kos sekalian.
Hapusx + 5 = 2x + 8
buat x semua dikiri dan angka dikanan, jika dia pindah kontrakan, maka tandanya berubah (jika minus jadi positif, jika positif berubah minus)
x - 2x = 8 - 5
-x = 3
tinggal mindahin minus di x ke tiganya jadi
x = -3
(jawaban @cinta matematika tu salah)
wes salah ngurat...tau g km salah.u di mana knp +5 to ikut lagi kn udah jadi -3...@cinta matematika...katanya cinta tapi kq asling mengejek...yang salah di benerin yang bener g blh ngomongx gak enk di denger...slow aj bozzz
HapusHmm, menurut @cinta matematika itu yang benar menurut konsep matematika, sedangkan menurut @marwan itu akibat dari cara yg dijelaskan @cinta matematika, jadi dibikin cara cepat langsung diganti tanda. tolong @marwan jangan menyalahkan sesuatu kalau tidak bisa membuktikannya.
Hapusmang bisa ya?? x=5??
Hapuskan jadi beginian: 5+5=10+8
jadi 10 = 18 (lhoo? ini salah)
kalo yg dibilang naswah efendi blablabla tu baru masuk akal
-3+5=-6+8
jadi 2=2 nah baru bener (Y)
cinta matematika cuma salah ketik kok kakak2 ama tmn2,sbnrnya x nya dia itu -3,bkn 5
Hapusdi atas kan dia udah tulis : x + (-3) = 2x
jng saling menyalahkan,
kita smw sama2 blajar lho kakak2 n tmn2
:)
salah ketik gpp bloger biasa namanya belajar,,,tp konsep cinta matematika bener jg tuh
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapuskaka ini kurang, aturan jadi gini
Hapusx + 5 + (-8) = 2x + 8 + (-8)
x + (-3) = 2x
-3 = 2x - x
-3 = x
bner ga ?
nah misalnya mengerjakan soal yang berupa 15+[-9] bagaimana mas/ emba
Hapussongong
BalasHapusGk papa yg penting kita dapet ilmu
Hapusyang ngomong songong berarti org yg ga mau mikir
Hapus@anonim ,nih orang aneh yaa, ngatain diri sendiri ???
Hapusyang lbih sulit donk.....
BalasHapusklau mau yg lbih slit cba jwab ni ,,,
HapusDua dari panjang garis tinggi segitiga ABC lancip, berturut-turut sama dengan 4 dan 12. Jika panjang garis tinggi yang ketiga dari segitiga tersebut merupakan bilangan bulat, maka panjang maksimum garis tinggi segitiga tersebut adalah….
nii lgi biar pcah otak mu mkirin ny ,,,
HapusDalam bidang XOY, banyaknya garis yang memotong sumbu X di titik dengan absis bilangan prima dan memotong sumbu Y di titik dengan ordinat bilangan bulat positif serta melalui titik (4, 3) adalah…
msih krang , mau lgi ,, nii :
HapusSeratus siswa suatu Provinsi di Pulau Jawa mengikuti seleksi tingkat Provinsi dan skor rata-ratanya adalah 100. Banyaknya siswa kelas II yang mengikuti seleksi tersebut 50% lebih banyak dari siswa kelas III, dan skor rata-rata siswa kelas III 50% lebih tinggi dari skor rata-rata siswa kelas II. Skor rata-rata siswa kelas III adalah….
dh ckup kn ,,,
Hapushaaa .. msih mau jga ,,,
ni lgi ha ,,
Diberikan segitiga ABC, dengan BC = 5, AC = 12, dan AB = 13. Titik D dan E berturut-turut pada AB dan AC sedemikian rupa sehingga DE membagi segitiga ABC menjadi dua bagian dengan luas yang sama. Panjang minimum DE adalah….
dh ckup ya , jwab aja dlu itu , lau dh siap bru gue ksih lgi ,,,
@anonim
Hapuskm kok kyak org stress sih
FREAK!
lebay...lu..!!cara cpat kyk ntu mah..dah dri jmn skul dah ada kali..!!maaf..just kidding ^_^
BalasHapussombong bgt dah...
BalasHapussebenernya siapa sombong???
BalasHapuslo la itu yg sombong sementang lo udah tau mtk c
Hapusoba jawab pertanyaan gue 345dibagi 10 sama dengan coba jawab kalo lo pintar
34,5 lah gausah mikir itu mah. Kalo dibagi 10 tinggal 1 angka dibelakang koma.
Hapusada penyelesaian untuk soal MTK yang lain gak, misalnya utk Transformasi geometri
BalasHapusvery good....menjelaskan masalah matematika tidak harus dengan contoh yang sulit. kalo pembaca blog ini berjiwa arif dan bijak, pembahasan akan dapat dikembangkan .
BalasHapusBagaimanapun matematika penuh dengan trik logika yang memungkinkan pencintanya untuk mengembangkan apa yang diketahuinya. Bravo pecinta matematika, terus berkarya !
Sip Gan Pencerahan'y....
BalasHapus:)
Tapi Jujur gan ane mau sedikit Curhat nich, :'(
Ane juga sama suka Matematika. :D
Tapi bener apa yang dikatakan Agan, Dalam Belajar di Sekolah atau di Kampus, Kita di Gembleng Untuk Menalar atau Memahami Rumus.
Dari dulu sampe sekarang, kita di genjot atau ditekankan untuk menalar Rumus-rumus dan Mengikuti Cara dari salah seorang Guru atau dari Buku. Kita seperti tidak dibolehkan berpikir dan bernalar kreatif.
Kita selalu disalahkan apabila kita memakai dengan cara Logika atau cara yang menurut kita lebih mudah dan singkat.
Sebenernya ane nulis begini cuman mau ngingetin kepada semua Guru-guru yang ada di Tanah Air untuk membiarakn Murid-murid penerus Bangsa ini untuk Berfikir Secara Kreatif.
Kalo seseorang hanya mau belajar yang harus menggunakan hitungan, kenapa harus dipaksa Belajar Bahasa.
Begitu pula sebaliknya, Kalo seseotang Berbakat dalam suatu bidang Olahraga, Kenapa juga dia mesti dan harus Belajar Matematika.
Maaf bila ada salah kata.
Salam Kenal Gan, dari Orang Cimahi - Bandung.
:D
manteb gan triks nya, emang cara instan kadang2 lebih disukai. saya masih ingat trik UMPTN kadang2 kita disuruh menghafal rumus baru tapi melupakan rumus dasarnya.
BalasHapusmatematika juga bisa di ajarkan lewat pantomim n komik, aku sudah membuktikannya, ternyata, amboi luar biasa.. yang susah terasa mudah, kebetulan aku juga pecinta matematika, sekarang guru matematika n tutor les matematika (dengan gaya ndagel)...
BalasHapussalam Matematika lover
contoh pengajaran matematika dengan komik bisa tolong share? :)
Hapusgan saya mau tanya untuk soal x+5 = 2x+8,gan kenapa x=5 ,klo x=5 jika kita subtitusikan x nya makan dia tidak sama dengan, coba kalo x= -3 maka dia sama dengan ...
BalasHapus(itu salah nggak gan)
thanks gan
Maaf, tp jawabannya memang 5 ya, cba cek lg deh.
BalasHapusItu -3. bkn 5 .
BalasHapuscaranya bener cmn itu kesalahan konyol .
baris kedua nya :
x + (-3) = 2x
tp tiba2 baris ketiganya dikurang (-x) jadi :
(-x)+ x + 5 = (-x) + 2x
5 darimana? -_-' .
jawabnya emang 3 .... ada sedikit kesalahan teknis,,,,kurang teliti aja.
BalasHapuskebanyakan siswa lebih suka cara singkat dan cepat yang instan2 gtu, mungkin krn anak zaman sekarang kbanyakan makan mie instan dan minum susu inatan, hehe...
BalasHapuscoba jawab ini. Dalam 20 hari suatu pekerjaan bisa selesai dengan 10 pekerja. Ternyata setelah dikerjakan selama 8 hari pekerjaan tsb terhenti selama 4 hari. Berapa pekerja tambahan agar pekerjaan tsb selesai tepat wktu
BalasHapushahha... salah toh jawabannya..
BalasHapuspantes jwabannya ga sama sama saya..............
jawannya -3
Ka, gmn cara menyelesaikan soal cerita berikut :
BalasHapusDalam kelas murid-murid bertanya kepada Pak Andi tentang usia keponakannya. Pak Andi menjawab "Saya mempunyai 3 orang keponakan, hasil kali usia mereka adalah 72 dan jumlah usia mereka 14, tetapi murid-murid masih meminta kepada Pak Andi untuk memberi info tambahan sehingga soal dapat dipecahkan.Pak Andi kemudian menyatakan bahwa keponakan tertua adalah pemain catur yang baik.
Berapa usia ketiga keponakan Pak Andi?
Tolong dibantu y ka.... Makasih sebelumnya
He....he.... ternyata rame juga ya yang memberikan komentar. Saya sengaja membuat kesalahan pada komentar jawaban untuk Lala. Tujuannya untuk menarik pembaca berkomentar.
BalasHapusOke. revisi jawaban tersebut sebagai berikut:
Misalkan kita memiliki persamaan x + 5 = 2x + 8.
untuk menemukan nilai x, terkadang kita menggunakan istilah pindah ruas. Istilah itu kurang tepat. Alasannya "masa sih angka bisa jalan-jalan, dan kemudian pindah rumah? kan aneh". he..he.. canda.
Langkah yang sesuai kaidah matematika menurut saya:
1) jumlahkan kedua ruas dengan -8.
x + 5 + (-8) = 2x + 8 + (-8)
x + (-3) = 2x
2) Jumlahkan kedua ruas dengan (-x)
(-x)+ x + (-3) = (-x) + 2x
-3 = x
Kita temukan x = -3.
gimana sih caranya 13pangkat 2011 x 10???
Hapusngeles....
Hapusbaimana bisa apa engga mengerajan soal 15+[-9] ini kalo ngga bisa yah engga ada masalah ko cuma tanya dowang
Hapus@anonim bukannya jawabannya 6 ya?
HapusUntuk anonim tertanggal 30 Maret 2011.
BalasHapusSaya akan menjawab pertanyaan anda melalui tulisan
"JAWABAN UNTUK ANONIM 30 Maret 2011".
Semoga berkenan.
pengen belajar matematika bareng ini tak kasih fb ku ya dewifaithful@yahoo.co.id
Hapussapa tau aku bisa mendapatkan pngetahuan lagi dg cara kaya gini berunding
kebanyakan alasan Loe...!
BalasHapuskalau soaalx kyk gni gmna jwbannya
BalasHapusandi dapat mengcat rumah dalam waktu 3 jam dan fandi dapat mngcat rmah dalam waktu 4 jam , kemudian ibu menyuruh mereka untuk mengecet rumah bersama-sama mereka memulai pekerjaan jam 10.00 kemudian mereka bertengkar selama 10 menit setelah bertengkar andi pulang dan fandi menyelesaikan pekerjaannya sampai jam 12.00 jam berapakah andi pulang?
Bagaimana caranya memecahkan sebuah soal cerita matematika pelajaran sekolah dasar dan sekolah menengah pertama
BalasHapusz dpkir tha,,,,,,,,,,hahahahahahaha
Hapuscara yang panjang itu kan dibuat supaya anak2 ngerti konsepnya...
BalasHapusgitu kali maksud tayangan tsb, :)
@anonim>
BalasHapusitu jwaban ny brp ?? trus cara ny gmn ?? penasaran gw..hehe ajarin dunk :D
jgn pelit2 ilmu ya hha
gimana ya cara menyelesaikan soal2 faktor anka kecil dan besar
BalasHapusYa begitulah matematika.... sepanjang pengalaman saya, trik cepat hanya cocok dipergunakan untuk soal-soal pilihan ganda (multiple choice), pedagang dan dalam situasi yang sangat pendek waktunya dan sangat tidak tepat jika dipergunakan untuk memberikan telaah secara ilmiah. Karena segala trik cepat selalu memiliki keterbatasan dan syarat tertentu agar hasilnya selalu tepat.
BalasHapuspusiiiiiiing......
BalasHapusmau tanya penjelasan yang pake tanda (*):kalo kita menjelaskan ke siswa dengan algoritma matematika yag benar kok kayaknya terlalu ribet. lebih cepat pake pindah ruas gitu aja ya... inikan salah satu trik cepat juga? gimana pendapat nya gan?
BalasHapusmenyenangkan belajar matematika
BalasHapusmakasih :*
BalasHapusThx Ea Gan...
BalasHapusNumpang SEDOT Dulu cekidot*
THX banget Bener semuah nich cekidot all
BalasHapusmasih agak binggung kalo dapat soal,...
BalasHapussetuju sekali saya bahwa siswa tidak boleh diberi/dicekoki rumus untuk mempermudah pekerjaan mereka karena malah membebeni otak mereka karena harus menghafal rumus-rumus tersebut tapi mereka justru tidak memahami konsep-konsepnya. seharusnya guru memberi materi/masalah kontektual dan biarkan siswa memecahkan masalah tersebut dengan cara mereka(kelompok mereka. setelah mereka menyelesaikan masalah tersebut dengan cara mereka baru guru memberi (menawarkan) trik(rumus) untuk mempercepat menyelesaikan masalah tersebut tanpa memaksa siswa untuk menggunakan rumus tersebut.
BalasHapuslebih sering ya ngebahas matem kaya gini,biar jadi semangat belajar. :)
BalasHapusthanks,,,,,ini berguna bnget,
BalasHapustidaaaaaak k ngeertiii
BalasHapussistem persamaan dari :
BalasHapusax + by = 5
5x + ay = 8
penyelesain.y adlh (1,2) nilai a dan b adlh...
a=3/2
Hapusb=7/4
ada ga yg lebih sulit lgi.,.,
BalasHapusitu kenapa sih -8. kenapa ga -19, atau min berapa ke terserah. ak masih bingung nih. :) yang lainnya udah agka ngerti tapi yg -8 itu msih aneh.
BalasHapusMaTeMaTiKa: Makin Tekun Makin Tidak Karuan ...
BalasHapusMas, sekalian aja minta bantuannya dengan soal berikut:
BalasHapusLima tahun yang lalu umur seorang anak adalah seperlima dari ibunya. 22 tahun kemudian umur anak tersebut akan menjadi setengah dari umur ibunya. Berapakah umur ibu dan anak tersebut?
ibunya 90 tahun
Hapusanaknya 23 tahun
soalnya di buat k persamaan dlu aja kakak
:)
terma kasih ya? atas infonya
BalasHapusblog sampah gak guna
BalasHapuskk ajarin saya dong
BalasHapuscara ngrjain soal ini bagaimana kk
x2 (x kuadrat) + x - 12 = 0
tolong yang bisa
ajarin saya ya
thank :)
oh ya q,jg mw bgi trik matrik nih,
Hapusprkalian matrik ber ordo 2x3 /3x3
soal pilihan ganda,
inti'a pilih yang terbanyak anulir yg sdikit,
cntoh,
a.2 3
4 2
5 -1
b.2 -3
4 2
5 1
c.-2 -3
4 2
5 -1
d.2 -3
4 2
5 -1
e. 2 -3
-4 2
5 -1
jawab "D"
a.2 3 lain'a -3 ini 3
4 2
5 -1
b.2 -3
4 2
5 1 lain'a -1 ini 1
c.-2 -3 lain'a 2 ini -2
4 2
5 -1
d.2 -3
4 2
5 -1
e. 2 -3
-4 2 lain'a 4 ini -4
5 -1
sudah bbrpa kali di praktekan n hasil'a benar,
kalau g prcya coba pke cra ini n hitung dngn cara yang benar..
yah itu cara cepat gue suka itu gak usah mikir tpi alhamdulilah kmrin wktu triot gue slah pke cra itu gi manah yah......bro
Hapus(x+4)(x-3) kk itu jawabannya pake penjabaran suku banyak
Hapusrumus cepat matematika 2akar kuadrat
BalasHapuscontoh:2x+-8y=16 adalah
16x+-8y=2
tinggal di pindah ajalah ngapain repot pake rumus kepanjangan
care pendek tapi koq jadi ngawur yah mas ?? heehe.. tapi keren koq... makasih yah :)
BalasHapusini cuma matematika dasar aja pada ribut ye,kyknya intinya adalah mereka mengetahui konsep dari pelajaran tersebut, bukan cara mereka menggunakan rumus.....
BalasHapusgile, malah lempar"an so'al....
Wow !!
BalasHapuskeren !!
keren gimana caranya 99999996464 pangkat 100 x 433124231545555545 pangkat 2??? jawaban tercepat saya doakan pahalanya di dua kali lipat kan (ingat tanpa kalkulator!!!!!) kalau pake kalkulator doanya gk manjur
BalasHapusjawab 1001
Hapus1001 macam cara orang mencari makan. canda
hahahhahahaha.... pemikiran yg sama dg q... salam kenal ya....
BalasHapussekalian ni ad soal lucu lagi...
gni soal.a:
ada 3 orang yg masing2 punya uang 10 ribu, uang itu di gunakan untuk membayar kos. uang itu di kembalikan 5 ribu dari ibu kos, sehubungan orang.a ad 3 n uang.a 5 ribu. maka yang 2 ribu di kasihkan ke pak satpam. jadi mereka ber 3 mendapatkan uang 1 ribu/orang. jika mereka membayar kos 10 ribu, dan di kembalikan uang.a 1 ribu. berarti mereka ber 3 sama dengan membayar 9 ribu... benarkan????
dr soal itu ada satu keganjilan... apa itu??? jika diliat dr perhitungan awal.... mereka bertiga mengeluarkan uang yang totalnya 30 ribu.
tapi mengapa hasil akhir.a totalnya 29 ribu?? (dari jumlah: 9 ribu/orang = 27 ribu + 2 ribu yg dkasih ke satpam tadi)
terus yang jadi pertanyaan... kemana uang 1 ribunya????? hayoooooo... tebak..... apakah u umpetin?????
itu logika soal yang salah :)
Hapusmhu kli yg umpetiiiiiiiiiiN ,,,,
Hapusakhhh,,,
BalasHapusbiasa ajha_a tu,,
di skoLah dan BimBeL jg ajaraN_a jg giTu,,
lw bisa,,
cara cepat nyelesaikan SNMPTN MM dgN cepat lach,,
tentaNg matriks gtu,,
aTo LOGIKA..
baru mantaffff,,,,
tp,,
ne jg oc ko,,
bagi nak SMP,,,
hehehehehe :)
yea mtk.a susah banget....
Hapusne coba analisis bro..
BalasHapus9 x 0 = 0 berarti 0 / 0 = 9
10000 x 0 = 0 berarti 0 / 0 = 10000
????
artinya 9 = 10000 = 0 = 0/0 ???
he.... maka dari itu 0/0 itu tidak terdefinisi
Hapuskalo udah masuk fungsi komposisi, fungsi invers, limit fungsi, sama turunan fungsi sulit dinalar gan -__-
BalasHapusmantap rumusnya...
BalasHapusthanks :)
hahaha bagus jg cara nya...
BalasHapusthk yah gan bermanfaat bgt :)
sekecil apapun yg dpt kita bagi bersama...terimakasih.
BalasHapusaku ingin cara dan isinya soal matematika
BalasHapustolong berikan contoh soal tentang kesebangunan dan kekongruenan ???
BalasHapusM A N T A P
BalasHapus^_^
jika diktahui A=5, B=2, T=4
BalasHapusberpa isi A,B & T jika dikenai instruksi sbg:
a. T=A
b. T=T+A
c. T=T+A*B
d. T=A%B
e. T=B%A
f. T=A.B/2
ccciius miapa ?
Hapusbisa ga Bro ngrjain soal tadi??
BalasHapusgan. ijin copas yaa
BalasHapuskan inti artikel ini "jangan matikan logika anak dg konsep yg telah ada". Kok koment-nya macem2.
BalasHapusHidup kedepankan logika berfikir anak, semoga diberi hidayah bg yg "pokoknya anak bisa menyelesaikan soal"
kk mau tanya, kaloo soal'nya bgini gimana yahh
BalasHapus9x-71>33x-7u)..
gimana yahh,caranya
ralat kk 9x-7i>3 (3x-7u)
BalasHapus9x-7i > 3 (3x-7u)
Hapus==> 9x-7i > 9x - 21u
==> 9x-9x-7i > -21u
==> -7i > -21u (lansung aja sama2 bagi 7)
==> -i > -3u
atw bisa dng kata lain i < 3u
kyk nya bgitu kak jabrik
:)
berapa hasil ab-(a+b) hayoo.....
BalasHapusyang punya cara cepat untuk materi perkuliahan tolong dishare ya :)
BalasHapusMakasih ya udah di kasih tau cara cepat mengerjakan soal mtk
BalasHapusgan klo ini gimana caranya ??
BalasHapusa^2 + 5a + 6= 0
ket: ^ = Kuadrat/ pangkat dua
jawab: gmana niih bisa gk gan??
kan bisa pakek cara memfaktorkan.
BalasHapusSimple caranya
pakek rumus abc aja,co cara faktor susah dpet'a krna kedua tanda'a positive.
BalasHapus'v'
^_^
saya membuka trik cepat matematika karena saya agak lemah disaat disekolah saya masuk plajaran matematika saya kurang semangat karena soal2 matematika suliiiit banget jadi tujuan saya membuka trik ini supaya saya bisa memperbaiki di mana slama ini saya lemah dan mendapat ilmu yg banyak lagi dan saya heran karna dari kls 1sampai kls 5 juara 1 akan matematika dan saya anggap matematika itu gampang di saat saya kls 6 wah saya terkejut ternyata susahhhh sekali. trimakasih
BalasHapusmatematika tidak enak
BalasHapuswalaupun di enak2an tetap jugak gax enak
mendingan olahraga dan fisika
blog ini jelek kali
BalasHapustidak ada variasi dan
postingannya aneh!!
kagak ngerti saya
by : mira
kakak cara menentukan bangun datar yang sama dan sebangun dan bangundatar itu terdapat derajat-derajat bagaimana?
BalasHapusTerima kasih utk info x ^^ share dong yg tntg lingkaran dan bangun ruang..., please :D
BalasHapusRumus matematika yang sangat penting untuk anak-anak sekolah. Untuk anda yang membutuhkan trik dan rumus cepat matematika bisa diunduh di sini Smart Solutions Matematika. Terima kasih.
BalasHapusMakasih ya dek
BalasHapusMakasih ya dek
BalasHapusMakasih ya dek
BalasHapusmakasih bgt ya sangat membantu kalau boleh tau anda seorang guru ya?? ajarin dong heheh soalnya sya lemah di matematika
BalasHapusTerima kasih infonya, ditunggu kunjungan baliknya di: http://ilmu-matematika.blogspot.com
BalasHapussaya mau tanya
BalasHapusjika f(x)=2x/a +1 dan f(a pangkat 2)=11. nilai a adalah ...?
mohon di jawab yah.
thanks membantu
BalasHapusada yang bisa Jawab soal ini ngga? Nova dan dewi dapat menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama-sama selama 4 hari . Jika nova seorang diri dapat menyelesaikan pekerjaan selama 6 harilebih cepat dibandingkan jika dewi menyelesaikan seorang diri. Dalam berapa harikah dewi dapatvmenyelesaikan pekerjaan tersebut seorang diri?
BalasHapusbagaimana caranya jika . dika menyelesaikan 5 hari , ayuk selesai dalam 8 hari , jika dikerjakan bersama maka akan selesai ..... hari
BalasHapusplease bantu caranya
BalasHapusKaka kak semua ada tugas nih dari dosen. Kaka himana ngejawab nya.
BalasHapus1+1 kok jawabanya bisa 2, tolong di turunkan rumusnya kaka.
1-1=0
Cari aja Sendiri
HapusHasil dari (3x"-2y") (4x"-5y") APa..?
BalasHapuskasihilah sesamamu seperti kamu mengasihi diri sendiri
BalasHapusWORKSHOP MATH MAGIC (BENGKEL MATEMATIKA FULL MAGIC & LOVE)
BalasHapus“BENGKEL MATELA KLINIK SIGMA GLOBAL BOGOR “ Telah hadir Go On Line dan Off Line
Semboyan Bengkel Matematika Lover Arts (MATELA) yaitu
Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Tanpa Air Mata dan Rekayasa
Jika Anda mengalami gejala seperti berikut :
1. Otak Kiri dan Kanan Anda sedang konslet separo
2. Saluran Inspirasi dan improvisasi Anda sedang mampet
3. Gairah dan Motivasi Mesin Belajar sedang lesu dan loyo
4. Kabel power syaraf logika penalaran Anda sedang rusak dan putus
5. Sekring kreativitas dan keberanian mental Anda tidak aktif dan kaku
6. Lampu imajinasi dan inovasi rumus Anda sedang redup dan mati
7. Jaringan diskusi pertemanan Anda sedang repot dan jauh
8. Chanel Guru Tutorial Anda tidak tersedia
9. Kunci strategi jitu problem solving patah dan berkarat
10. Ekspresi Jiwa resah Anda sering gelisah dan galau
11. Layar datar analisa dan ketelitian soal Anda sudah kabur dan buram
12. Stock referensi bacaan buku mapel pembelajaran Anda sudah limit dan kadaluarsa
13. Baterai dan sinyal dukungan dana orang tua Anda sedang drop dan lemot
(ANDA PASTI PERLU PERBAIKAN DAN PEMULIHAN SEGERA SEBE LUM TERLAMBAT)
Melayani Jasa Pelayanan “ Personal Exlusive XPERT Education Service ’’ :
Harga Terjangkau, Cepat, Tepat dan Akurat. Biaya member tetap hanya Rp. 20.000 (ID Card) berlaku seumur hidup.
Dokter Matematika, Perawat dan Teknisi kami siap membantu dan melayani Anda sepenuh hati
1. Pembuatan Soal-soal Try Out Ujian Semester, UN dan SBMPTN
2. Pembuatan Soal – soal Test Potensi Akade mik (TPA) Test Masuk Sekolah Unggulan dan Favorit
SD,SMP, SMA dan PTN
3. Pembuatan materi presentasi pembelajaran Power Point Pembelajaran matematika (Software)
4. Guru Privat Olimpiade Matematika, Fisika dan Kimia semua jenjang sekolah.
5. Guru Privat On Line khususnya Matematika dan Fisika Siap Standby 12 Jam.
6. Pembuatan Modul Bimbel semua mapel sesuai kurikulum terbaru
7. Pemesanan on line buku Eksakta Jurus Sakti Ampuh MAFIKI Bank Soal dan Solusinya
Dari SD, SMP dan SMA/SMK
8. Guru Privat Bahasa Indonesia, Inggris, Bahasa Jepang dan Bahasa Jerman (Jasa Plus Guru Panggilan ke rumah).
“Kepuasan dan Kepercayaan Anda adalah Komitmen Kami”
Salam Prestasi dan Sukses selalu untuk Anda
Hubungi Segera Customer Service Hot Line kami :
Bimbel Plus BKB XPERT MULTITALENTA INDONESIA Bogor
Ibu Yeni Suryani (HP/WA : 08561321290)
Bapak Agrend Wisnu Kusuma (SMS = 08568062590)
Founder/Owner Group FB PECINTA MATEMATIKA diikuti hampir 160.000 member
Penulis Buku revolusioner Math On Line, Praktisi Pendidikan, Owner bimbel dan Pengamat sekaligus Pelatih Olimpiade Matematika.
Jangan Lupa kunjungi website kami : www.bkbxpertbogor.blogspot.com
Tipsnya keren
BalasHapusCuma ada aja beberapa soal yang ndak bisa pakai cara itu
Wah,,,memang matematika itu misterius,,, kalau tdk pakai algoritma malah g bisa mengerjkan, tapi ada car yang lebih kreatif,,, wah wah waahhh,,, mtk,,,mtk,,,
BalasHapus